Kamis, 03 November 2011

Mengenal MAK ( MAdrasah Aliyah Keagamaan )


MAK adalah bentuk singkatan dari ( Madrasah Aliyah Keagamaan ) yang mana kalau dilhat secara geografis program studi MAK itu hanya ada 2 di Lamongan. yaitu MAK Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan dan MAK Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan.



MAK ini adalah salah satu program atau jurusan di MA. Matholi'ul Anwar selain IPA dan IPS yang berada di desa Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan.
Sejalan dengan namanya " keagamaan " maka siswa - siswi MAK ini pun sebagian besar dari pondok pesantren MATHOLI'UL ANWAR dan TANWIRUL QULUB karena posisi MA . Matholi'ul Anwar ini berdekatan dengan pondok - pondok pesantren tersebut.
meskipun sebagian besar siswa - siswi MAK ini dari kalangan SAntri masih ada juga siswanya yang tidak sedang mondok tapi dari rumah (mbajak ; bhs jawa) sehingga MAK inipun tidak membatasi jika siswa - siswinya harus dari kalangan santri. sebenarnya itu sudah menjadi keharusan jika siswa - siwinya harus mondok baik di MATHOLI'UL ANWAR ataupun TANWIRUL QULUB. namun karena banyak faktor yang menyebabkan mereka tidak bisa mondok sehingga alasan - alasan yang masuk akal tersebut melunturkan kebijakan itu. maka, keaktifanlah dalam mengikuti kegiatan - kegiatan dalam MAK yang sangat diutamakan.

"Madrasah Aliyah Keagamaan" ( MAK ) Matholi'ul Anwar ini merupakan sebuah kelas yang dikenal dalam proses pengembangannya pada bahasa arab, bahasa inggris, komputer dan ilmu - ilmu keagamaan ( Ilmu kalam, Ilmu Qur'an, Ilmu Hadits, Fiqih, Ushul Fiqh dan lain - lain ) Sehingga banyaklah menyebutnya kelas ini sebagai kelas Internasional. yang guru - gurunya pun lulusan Al - Azhar Kairo dan berbagai PTN ternama di indonesia. bahkan Alumni - alumninya pun banyak belajar di Al Azhar Kairo yang salah satunya telah menamatkan program S1 nya dan berencana untuk melanjutkan S2 di Al Azhar pula. dan banyak pula Alumninya yang kuliah di PTN ternama di Indonesia baik program beasiswa maupun non beasiswa.
Sedangkan para siswa - siswinya yang masih dalam status Pelajar juga telah banyak menorehkan prestasi - prestasi baik dari tingkat kabupaten , karesidenan bojonegoro dan provinsi.

Meskipun telah banyak prestasi yang diraihnya namun dalam hal quantitas atau jumlah program MAK dibandingkan program IPA dan IPS ini sangat minim sekali. Namun meskipun sedikit MAK terus berusaha menciptakan prestasi - prestasi baru.
Setelah melihat kenyataan dan mengamati kalau program MAK ini sangat minim jumlahnya itu karena ketakutan dan kekhawatiran dari Siswa - siwi MA. Matholi'ul Anwar yang jika masuk ke program MAK seperti banyak hafalan dan harus berhadapan dalam kitab kuning bahkan Asumsi dari salah seorang Siswa pun katanya takut kalau pelajaran bahasa indonesia dan Matematika-nya pakai kitab kuning,,,,??? Logis gak,,?? sehingga rata - rata siswa - siswi dari Madrasah Tsanawiyah (Mts) atau SMP harus berpikir ulang untuk masuk dalam program atau jurusan MAK itu.
Memang benar program ini memprioritaskan ilmu - ilmu agama, bahasa dan lain - lain.
dan memang ada hafalan,, tapi itu kan malah membantu daya ingat kita,,!! semakin sering kita menghafal maka semakin dalam kepahaman dan daya ingat kita,, benar kan..!! padahal setelah bertanya pada siswa - siswi MAK mereka sangat enjoy sekali dengan kelas ini karena didalamnya banyak sekali manfaat yang diperolehnya.
Dan pada kenyataannya pula banyak siswa - siswi yang ingin belajar di MAK karena memang telah berminat pada semua pelajarannya, bahasa arabnya saja, atau bahasa inggrisnya saja atau bahkan dari siswa yang berminat tapi kemampuan bahasa dan lainnyanya masih nol.

Berbeda dengan program IPA dan IPS yang ditentukan pada saat kelas 2, Program MAK itu sudah langsung bisa berkonsentrasi sejak kelas 1. Dalam Proses pengajaran pendidikannya untuk kelas 1 itu telah dikhususkan untuk Bahasa arab, bahasa Inggris dan komputer, dan kelas 2 baru ditambahkan ilmu - ilmu agamanya. Sehingga banyak juga siswa - siswi yang mulai tertarik untuk pindah baik dari Unggulan IPA, Unggulan IPS dan Umum ke MAK namun beberapa juga ada perpindahan dari MAK ke Umum sehingga menyebabkan pengikisan jumlah siswa - siwinya. Hal ini telah menunjukkan bahwa siswa - siswi MAK telah terkena seleksi alam dan memberi kesimpulan bahwa Siswa - siswi MAK yang tetap bertahan meskipun dalam jumlah yang sedikit itu telah teruji kesabaran, mental dan pikirannya dan menumbuhkan pribadi yang kuat untuk berprestasi dalam pendidikan dan sebagainya.

Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 2008 pun MAK secara sah diakui sebagai program atau jurusan yang ada di MA. MATHOLI'UL ANWAR. sehingga MA. MATHOLI'UL ANWAR mempunyai 3 kelas Unggulan yaitu IPA, IPS ( Sejak tahun 2006 ) dan MAK
dan juga mempunyai kelas umum yang dimaksudkan untuk mahir dalam berbagai bidang antara lain ; Tata Boga , Pertukangan dan sebagainya.


BRAVO MAK,,,,,,!!! Wish you more development and always give the best,,,,,!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar